Wednesday, 11 April 2012

Anniversary Cake for My Idol

Aku adalah salah satu member fans sebuah band yang cukup “melegenda” karya-karyanya. Suatu ketika aku diberi kesempatan oleh sesama fans  untuk membuat cake anniversary band tersebut.
Memang ini bukan yang pertama bagiku untuk membuat cake anniversary mereka, tapi tetap saja aku deg-degan, secara ini akan aku persembahakan untuk orang-orang yang aku kagumi karya-karyanya.

Singkat cerita, sekitar dua hari sebelum hari H aku baru deal untuk pembuatan cake ini. Cakenya sih simple, hanya cake dengan hias edible poto bergambar photo-photo perjalanan band tersebut. 
Yang sempat membuat aku sulit adalah ukurannya yang cukup besar dan terpaksa aku mengerjakannya dengan 2 lembar edible photo yang di sambung. Ya sudah aku pikir gak masalah, tinggal ditumpuk sesuai batas gambar saja.
Kesulitan berikutnya adalah aku harus mencari kurir cake dengan box besar seukuran 35 cm X 45 cm. Beberapa kurir menyatakan gak sanggup dengan ukuran tersebut, sisanya sudah full book.

Tiba-tiba aku teringat sebuah penawaran jasa pengiriman, sebenarnya ini jasa pengiriman umum, perusahaan tersebut  menyebutkan melayani juga pengiriman cake & makanan.
Akhirnya aku hubungi perusahaan ini, sebut saja kurir ”PD”, aku telepon koordiantornya (Co Kurir) dan menanyakan apakah sanggup mengirim cake seukuran tersebut, Co kurir bilang oke sanggup, dan bilang box mereka besar. Aku sampe dikirimkan foto design motor + box kurirnya.

Setelah itu aku menyiapkan beberapa file gambar untuk didesign & dikirim ke bakul edible photo langganan ku, alhamdulillah beliau bisa mngerjakan dengan cepat, rapih dan tepat waktu.
Sehari menjelang hari H aku konfirmasi lagi ke Co kurir, apakah boxnya muat untuk membawa cake sesuai ukuran yang aku minta? Bahkan aku sampai memaksa beliau untuk mengukur ulang boxnya, apakah pasti muat? Jawabannya: “Oke bu siap, boxnya ukuran 45 cm X 45 cm"
Yaa sudahlah .... aku pikir aman untuk urusan pengiriman, aku request jam 11.00, harapan aku cake tersebut bisa sampai paling lambat jam 02.00 siang, karena acaranya jam 03.00 sore.

Malamnya mulailah aku baking plus décor cake. Semua berjalan lancar & mulus. Saat hari H jam 10.45, kurir datang, aku tengok ke depan pagar kok yang datang satu orang? Di sini nih kebingungan & kepanikan aku di mulai ....
Aku buka pintu… lebih terkejut lagi aku meliat box si kurir, yang ternyata mirip banget dengan box delivery fast food,  box nya nempel di ujung jok belakang motor ......

GUBRAKSS !!!..... kue sebesar ini mau dibawa pake box tsb & dibawa sendiri???
Aku Tanya ke kurir, "Apa bisa cake aku masuk ??"
Jawabannya: "Di coba aja bu..."

Akhirnya aku coba, ternyata..... apa jadinya teman??? Untuk memasukkan cake tsb ....sangat sulit.... karena benar-benar ngepress dengan ukuran cake. Si bapak Co Kurir itu benar, kalo boxnya ukuran 45 cm X 45 cm, tapiii….bagian atas box-nya itu melengkung ke dalam, sehingga posisi tangan saat meletakkan box cake tidak akan cukup, setidaknya ukuran box ini "matinya" cuma 42 cm. 

Aku telpon Co Kurir, bagaimana dengan box yang aku request, karena aku harus mengirim cake ini segera ..
Jawaban yang aku dapat dari Co Kurir tidak memberi solusi, akhirnya aku putuskan untuk cancel menggunakan kurir tersebut.
Sebagai ganti jerih payah kurir yang sudah sampai ke rumah, aku memberi 50% dari ongkos kurir yang seharusnya. Mungkin gak seharusnya aku membayar karena tidak sesuai, tapi biarlah… aku hanya ingin menghargai orang lain. Dan mulai saat itu aku tetapkan untuk TIDAK memakai lagi jasa pengiriman “PD” titik.

Jam mennjukkan angka jam 12:30, akhirnya aku memutuskan untuk membawa sendiri cake tersebut, berboncengan motor dengan suamiku. Meskipun aku sudah terbiasa datang ke acara seperti ini, dan aku pikir bisa lebih santai jika aku datang berdua saja dan kuenya bisa sampai lebih dulu. 
Apa daya harapan tinggal harapan. Dan aku harus tetap menghargai kepercayaan teman-temanku untuk menghadirkan cake anniversary.
Aku tidak berfikir membawa cake tersebut dengan mobil/taxi, karena menurut aku masih bisa aku bawa di motor, dan kalo aku booking mobil/taxi, makin memperpanjang waktu aku lagi untuk menunggu, otomatis akan telat.

Berangkatlah aku dengan sedikit terburu-buru, karena khawatir cake ini harus di persiapkan dulu dan di tunggu oleh teman-teman fans. Perjalanan Bekasi ke Kuningan tidaklah pendek, tapi aku harus kuat membawa cake sebesar itu.
Lepas area Bekasi masih lancar, kebetulan aku pake motor type “ laki-laki” yang cukup besar & cepat.
Saat belok masuk jalan pintas kawasan Industri Pulo Gadung.... duugg... aduuh.. kakiku kebentur tiang listrik, yang otomatis membentur box cake, karena dengkul aku sebagai penyangga box cake. Sakitnya tak begitu ku rasakan… tapi dag-dig-dug karena aku khawatir akan bentuk kuenya. 

Kami meneruskan perjalanan hingga lewat Rawamangun, Manggarai hingga Kuningan. Sepanjang perjalanan, tak henti-hentinya aku pesan ke suami “ Mas.. pelan-pelan yaa mas… , masih ada waktu kok”
Aku katakan seperti itu, agar tidak terjadi lagi masalah di jalan. Sementara beberapa teman fans sudah ada yang menanyakan di mana posisi aku.
“Aaahhh.. gimana mau angkat HP, megang box ajah dah repot ;( “

Karena aku belom pernah ke lokasi acara tersebut, yang biasanya di adakan di base camp, namun kali ini diadakan di tempat berbeda. Aku sempat beberapa kali bertanya, bahkan saking kebablasan belok di jalanan, aku kelewat lumayan jauh & sampe bingung di mana cari putaran.

Akhirnya aku sampai juga di venue, di sana sudah banyak kerumunan para fans, termasuk wartawan. Cake aku diterima oleh perwakilan manajement & fans........Alhamdulillah…..sampai juga. 
Aku tinggal kan cake tersebut sambil istirahat sejenak & cari tempat parkir yang nyaman. Sampai di ruang perayaan, aku liat cake buatankua....alamaaak….cakenya hampir remuk di satu sudut dan berimbas ke beberapa bagian pinggir cake.
Aku sempatkan merapihkan yang masih bisa aku perbaiki, aslinya aku malu banget dech. Gak enak ke teman-teman fans seharusnya aku bisa menyajikan yang lebih sempurna.

Beruntung mereka bisa memakluminya, setelah aku ceritakan kondisi sebenarnya, malah di jadikan bahan becanda kami. Dan lucunya lagi tetap saja teman-teman sibuk foto-foto cakenya, termasuk beberapa wartawan he he he....
Mereka bilang cake yang penuh perjuangan. Alhamdulillahnya lagi cakenya laris manis  habis tak berbekas. Bahagianya aku bisa jadi bagian acara anniversary band favoritku. 

Aku hampir lupa kelelahan,,,di sepanjang perjalanan yang ada di otakku, aku senang bisa ketemu teman-teman, senang liat perform band yang mirip mini concert, senang juga dapet orderan .. ha ..ha ..ha

Dua hari berlalu, aku dapet telepon dari management: “Yan .. bisa gak buat kue lagi kayak kemaren, tapi untuk acara besok malam??”
Antara bahagia dan bingung aku mendengarnya. Bahagia ternyata cake buatan aku bisa diterima banyak orang, bingungnya apa bisa aku buat cake nya untuk besok, sedangkan aku besok kerja, saat itu sudah jam 17:30 sore.

Selesai mengirim detail cake yang diinginkan & beberapa pembicaraan, akhirnya aku menyanggupi utnuk membuat cake ini. Awalnya minta anniversary cake serupa dengan yang sebelumnya (pake photo). 
Karena tidak memungkinkan order edible saat itu, akhirnya aku putuskan membuat cake dengan gambar logo band . Logo ini aku ambil jiplak dari kaos fans club yang aku punya. 
Alhamdulillah semua lancar, dan kurirnya juga ada. Pagi-pagi aku baru dapet kabar, kalo ternyata cake ini untuk acara live di salah satu TV swasta, dan sebagai surprisenya adalah cake anniversary band tersebut.

Wooowww… beruntungnya aku dapet kesempatan ini...alhamdulillah cake bisa terkirim dengan baik, dan karena ini cake surprise, akupun diminta merahasiakan untuk sementara waktu tentang cake in.
Sayangnya ....saking kelelahan aku sendiri justru gak bisa meliat acara saat cake aku di tampilkan, karena aku sudah keburu teler. Lagian cake anniversary tersebut dikeluarkan hampir jam 12.00 malam.

Ceritanya,,, semua personil band mendapat surprise kedatangan ibu-ibu mereka sambil membawa cake dengan diiringi lagu hits mereka…hikhikss....jadi terharu.
Betapa bahagianya aku, hasil karyaku bisa di terima oleh orang-orang yang aku kagumi karya-karyanya.

Demikian cerita dari aku....thanks udah diberi kesempatan untuk sharing


Pengirim  : Yanti Biyan
Domisili   : Bekasi
Website  : http://biyankitchen.blogspot.com

2 comments:

silvia said...

mba bandnya siapa yah jadi penasaran hehe

Yanti said...

PadI.
Bandnya sekarang sedang vaccum :'(
gambaran lengkapnya ada di sini ada di : http://Biyankitchen.blogspot.com/2010/04/anniversary-cake-padi-13-part-2.html