Tuesday 11 June 2013

Pie Setengah Matang

Halo temans, salam kenal...

Aku mau curhat kisah lumayan jadulku nihh.. Aku sendiri jadi bakuler belom ada setaun, dan kejadian ini pas awal2 aku buka OLS di Facebook (beberapa bulan yg lalulah).. Ceritanya, ibu X mau beli fruit pie 60pcs buat acaranya di hari minggu.. Ok aku deal orderanya.. Jumat belanja bahan2nya, Sabtu sore jam 2an aku kerjain si pie crustnya dulu.. 
Sedihnya, oven listrikku ini kecil banget, sekali oven cuma bisa 12pcs.. Jadilah aku musti manggang 5kali, buang2 listrik, buang2 waktu.. Tapi aku tetep semangat tuh ngerjainya.. Aku bikin adonan sekaligus banyak tapi dipasin aja buat 60pcs pie.. 
Pertama, kedua dan ketiga kali oven semua lancaaar.. Pas yg keempat ga tau kenapa warna pie crustku pucet.. Aku oven lagi deh 5 menit pake api atas doang.. Itu udah jam4.30sorean, pegel pengen selonjoran, panas dan cape.. Semangatku mengendur konsentrasi pun luntur.. Akhirnya aku oven sisanya, seneng juga pie crustnya dah kelar, tinggal bikin vla dsb lah, asik.. 
Sambil nunggu pie crust sesi terakhirku mateng, aku beres-beresin dapur & timbang2 bahan buat vla.. TRING! Ovenku berdenting, aku keluarin pienya dari cetakan.. PLOK! Lho? Kok? Patah, terbelah pienya cuma copot setengah, yang bagian bawahnya tetep nempel di dasar cetakan.. Kenapa ini? Duhh, bingung deh.. Mau diperbaiki, rasanya kok mustahil, bikin lagi dari awal? Duh malesnya kudu nimbang2 adonan dll.. Badan rasanya cape banget, kepikiran tadinya mau kasih 48 pie yg sukses aja tapi kok rasanya ga profesional ya? Ya udah deh aku mandi dulu, biar lebih fresh.. Sambil mandi aku kepikiran terus, kenapa ya pie nya patah gitu, apa gara2 adonany kelamaan nganti? Ah entahlah.. 
Udah kelar mandi ada sms dari ibu X, katanya "pienya mau diambil hari ini aja bisa ga, takut besok ga sempat.". Huahhh, jelas2 belom kelar ini pie..Kaga bisa bu, kagak! kataku dalam hati.. Tapi kok aku malah bales "bole, tapi jam7an yah.. ini tar lagi kelarnya", maksud hati ngga mau kecewain cust tapi malah kelabakan sendiri.. 1 jam beberapa menit lagi nih, harus kelar! Kata hatiku berkobar2.. 
Masih penasaran sama pie patah-patahku tadi, aku liat-liatin & pegang-pegang pie gagalku itu di cooling rack, baik2 aja tuh.. Nah,pas cek pie yg nempel dicetakan, baru deh sadar tuh kalo pienya empuk2 alias mentah! Loh pie ku setengah mateng dong nih?? Aku cek ovenya, astaga.. Daritadi manggang pake api atas aja?? Pantesan.. 
Semangat lagi karena penasaranku udah ilang, sambil senyum-senyum garing gajebo aku mulai bikin adonanya lagi, aku panggang dan sukses! Aku bikin vla, hias pake buah2an dan packing pienya.. Singkat cerita pas ampir jam7 semua pienya udah siap diangkut, aku sms lagi si ibu X "done, jemput pienya jadikah hari ini?".. Udah ampir jam8 ga ada jawaban.. 
Haduh kmn nih si ibu, pienya udah kelar dan dikardusin pula..Tega banget kalo ga jadi ambil nih, box segede gitu ga akan masuk kulkas.. Kalo ga dikulkasin basi ga yah vlanya? Bimbang & dilema, si ibu ngilang ditelpon pun ga diangkat.. Udah ampir jam10malem ga ada kabar, "lagi malem mingguan kali ya" pikirku, yasudahlah.. Akhirnya aku bobo bareng si pie di kamarku yang berAC (karena ga muat ke kulkas, mending kali yah ditaro di ruang sejuk berAC..hehehe)..

Akhirnya besok paginya si ibu X ke rumahku, ambil pesenanya.. Penasaran kenapa semalem hilang tak ada kabar, tapi mau nanya kenapa asa kagok.. jadilah cuma ngomong "Ga jadi diambil kemaren ya? Hehehe, ini pienya.. Belanja2 lagi di aku yaa..", si ibu cuma senyum dan say thanks sambil dadah2..
Untunglah malemnya si ibu X sms "enak pienya, kapan2 beli lagi ah.. diskon ya? hehehe", wah lega deh, berarti gpp tuh meski ga di kulkasin.. Syukurlah.. :D

Pesan moral :
- Tetap konsentrasi saat memasak, jgn sampe kejadian "Pie Setengah Matang" atau tragedi2 lainya karena hanya hal sepele ini menimpa anda sekalian temans
- Lebih baik jujur ke cust kalo pesanan belom kelar. Coba kalo aku ga sadar penyebab pie ku patah2, mungkin panggangan sesi 6 ku jg bakal gagal dan target bwt selesai jam7 ga kekejar (meskipun di kisah ini, si ibu X ga jadi ambil jam7 malam)

NB : Setelah kejadian ini, aku pernah lupa setel api oven lagi lho waktu bikin brownies (dasar ABG, jatuh ke lubang yg sama 2x) hehehe.. Tapi kok browniesnya malah enak, dalemnya moist dan jadi kaya choco lava cake gituuu :-p

Ma kasih sangat for your attention yaa..

Pengirim : Salsa
salsa_itsfood@yahoo.com
http://www.facebook.com/salsa.yummy

No comments: