Tuesday, 1 May 2012

Kue Ultah Salah Design

Ass.wr.wb ,,,,hallo semuanya,,,,, 
Saya mau bagi cerita nih,,,, pengalaman yang sangat tidak mengenakkan, yang membuat makan tak enak dan tidurpun tak nyenyak... halah kayak lagu aja hehehee ....

Ceritanya siang-siang salah seorang langganan loyal telpon ke rumah, order kue ulang tahun base cakenya sponge cake mocca dengan hiasan bunga-bunga. Karena saat itu saya lagi full orderan maka nggak terlalu nanya detail desain kuenya seperti apa. Nggak tau kenapa yang ada  di pikiran saya ini pasti untuk anaknya yang cewek, maka saya menawarkan buttercreamnya warna pink. Customerku  menjawab mocca aja bu, biar serasi denga rasa base cake nya. 
Telpon ditutup, saya melanjutkan lagi ngerjain orderan untuk sore itu, sambil bikin base cake mocca untuk birthday cake (BDCK) pesanan tadi.

Paginya karena mau pergi ke demo alat masak maka cepet-cepet kuhias BDCK mocca pesena itu, sambil membayangkan yang ultah anak cewek centil... Tiba-tiba saya inget masih punya edible print gambar barbie, wah cocok itu untuk BDCK tersebut. Kubayangkan pasti anaknya seneng ada gambar-gambanya, ini ekstra aja untuk langganan lama. 
Pas mau menghias agak bingung juga, kenapa kok milih cream mocca, bunga-bunganya cocoknya warna apa ya... setelah kupikir-pikir kuberi bunga-bunga fondant aja warna-warni biar meriah nggak terlalu buram. Jadilah kue tersebut kuhias edible barbie kecil dan sekelilingnya bunga-bunga fondant warna warni, masih kutambahi tulisan Happy Birthday My Girl. Terbayangkan betapa meriahnya BDCK tersebut. 
Saya memang lalai sekali nggak tanya umurnya, asal bikin aja apa yang ada di pikiran.

Sepulangnya dari demo, customerku sms nama yang ultah e... kok ya kebetulan nggak ngomong umurnya, kutulislah namanya di kue. Kira-kira jam 04.00 sore kue diambil, langsung dibuka e... menjeritlah dia... "Bu kok barbie.... yang ultah umurnya 20 tahun" 
Whatttsss !!! O..... My God ini kesalahan yang terbesar dalam sejarah pesanan kue ulang tahun selama ini. 

Lemes banget badan in, langsung putar otak harus kuapain kue ini supaya bisa masuk untuk BDCK orang dewasa. Mula-mula mau kubikinkan lembaran coklat untuk menutupi atasnya.. tapi waktunya sudah nggak keburu. Akhirnya yang paling gampang gambar barbie kututupi denga cream lalu kuseruti coklat dan kutambahi cherry sebagai pemanis. Hatiku nggak enak banget, walaupun customerku bilang nggak papa yang penting dalemnya enak dan dia juga mengakui kesalahannya karena nggak bilang untuk dewasa.

Semalaman  saya nggak bisa tidur, terbayang terus kesalahan yang sangat fatal, membuat konsumen kecewa dan bisa merusak acara istimewanya. Esok paginya kuputuskan untuk mengirim tart mocca dengan disain seperti yang dia mau sebagai gantinya. Ini saya lakukan untuk sedikit mengurangi rasa bersalah. 
Customerku  surprised banget, dia bilang: "Terimakasih bu, kok segitunya sampai dikirim ulang tartnya, kemarin nggak papa kok.. yang penting rasanya enak. "

Alhamdulillah hati ini sedikit lega. Mulai sekarang saya sangat berhati-hati kalau menerima order, sejelas-jelasnya supaya nggak mengulangi kesalahan yang sama. Kalaupun orderan hanya lewat sms deskripsinya kuulangi, kusimpan jadi waktu mau membuat kubuka smsnya dan kucocokkan deskripsinya.

Mudah-mudahan ceritaku ini ada gunanya ya untuk teman-teman semuah..... muach....muach....
Salam manis......





Pengirim   : Asti Retno
Domisili    : Jakarta
Website    : http://fianscorner.blogspot.com/

3 comments:

Kreasi Marie said...

Aduhhhh, tp untunglah pelanggannya mengerti ya Mba..

Kalau suka berkreasi, yuuk mampir ke http://www.kreasimarie.com. Dan ikuti kompetisinya ^^

Kreasi Marie said...

Aduhhhh, tp untunglah pelanggannya mengerti ya Mba..

Kalau suka berkreasi, yuuk mampir ke http://www.kreasimarie.com. Dan ikuti kompetisinya ^^

Achmad Hadi Kurnia said...

Haha selamat karena pelanggannya mengerti. Seru. Salam gan

Visit dongs http://katahadi.blogspot.com