Wednesday 11 April 2012

Suatu Babak Dalam Hidupku

Duluuuuuu ......sebelum buka usaha online, saya telah punya usaha offline di area kampus ITS tempat almamater saya. Dengan modal tabungan hasil les privat saya membuka usaha yang bergerak di bidang urusan perut yaitu makanan. 

Untuk awalnya, dibuatlah list perlengkapan yang diperlukan lalu list belanjaan, pertama cari helper satu dulu.... dan udah ada yang bersedia yaitu tetangga dikampung yang bersedia diberdayakan dan yang terpenting chef nya tak lain dan tak bukan adalah ibuku tercinta. 
Jadi ibu didatangkan untuk memberi arahan racikan bumbu-bumbu masakan yang akan dijual. Karena beliau adalah seorang ahli takar dengan perasaan jadi setelah diracik langsung saya timbang dan dicatat biar rasa gak berubah dan tentunya ingat terus.

Sampai hamil anak kedua usaha saya tetap lancar jaya dan karyawan saya jadi 2 orang. Setelah kelahiran anak kedua, masalah-masalh kecil mulai datang dari dua karyawan saya. Merasa dibutuhkan mereka mulai berulah, akhirnya dua-duanya saya berhentikan tanpa pesangon hehehe.... 
Akhirnya depot saya handle berdua dengan adik yang kebetulan kerja di Surabaya dan belum nikah jadi kuajak gabung sambil terus cari karyawan baru tentunya. Dapet impor tenaga dari desa, ealah .....lha kok ya agak aneh orangnya. Orang Jawa bilang "beras sak kilo kurang sak ons". Karena takut jadi setiap selesai sholat kumohon kepada Allah agar dia tidak krasan alias tidak betah, bener juga sebulan berlalu dia minta keluar katanya kangen dengan suaminya. Alhamdulillah.... tapi setelah itu saya nggak dapet lagi karyawan….. hehehehe kualat kali ya. Semua sudah dipesenin dari ortu, mertua, saudara dari tiga kota sudah tak request untuk bantu cari karyawan delalah (ternyata) hasilnya nihil. 
Hingga akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan yang terutama anak yang masih baby, kuputuskan dengan berat hati untuk menutup depot saya.

Sedih.... sedih.... banget biasanya punya penghasilan sendiri sekarang tergantung sama suami, serasa tidak berdaya.

Tahun berganti akhirnya saya bertemu sahabat SMA saya, namanya Yenni, yang telah hijrah ke Jakarta dan telah punya usaha online yaitu Yennis Cake. Dari dia saya kenal Natural Cooking Club (NCC) dan akhirnya memutuskan untuk bergabung di mailing list NCC tersebut. 

Dan yang paling kuinget nasehat Bu Fatmah Bahalwan (owner NCC), bahwa jangan sampe usaha kita terhenti hanya karena karyawan pergi. Saya banget bu itu hehehe,,,,, dan semangat saya pun berkobar untuk mulai usaha lagi yang sekiranya nggak menyita waktu saya alias bisa disambi momong anak gitu. Sejak bergabung dengan milis NCC ini, hobi saya dibidang perkuean yang sejak SMA yang terpenggal karena seabrek aktivitas akhirnya mulai ditekuni lagi.

Dengan berbekal kemampuan dasar dan mantengin blog temen-temen yang pada oke, akhirnya belajar bikin blog juga. Tanpa bantuan orang lain, cuman modal liat sana sini ....dan blog yang paling sering saya sambangi adalah Dapur Solia nya mba Shierly hehehe..... tengkyu ya mbak Shierly.... akhirnya jadi juga blog saya. Dengan bekal awal foto-foto jadul mulailah mengisi page per page blog saya. Setelah sering upload ke facebook mulailah orderan mengalir slow but sure (ini salah satu manfaat facebook yang saya rasakan). 

Nah... awal-awal orderan lancar semua terhandle dengan baik dan memuaskan pelanggan. Hingga pada suatu hari dapet orderan birthday cake (bdck) dan pudding dari dua orang yang berbeda dan berurutan harinya, yaitu bdck nya hari Jum’at dan pudingnya hari Sabtu. 
Karena kepedean dan sifat saya yang tukang lupa/pikun karena keseringen makan brutu ayam (kata orang-orang tua sih), dimana suamipun selalu ngingetin untuk buat note-note di agenda, dengan pedenya belanja semua keperluan dan hari Selasanya telepon kurir, untuk booking kurirnya di hari Jum’at. Rabunya nyicil pernak pernik perlengkapan bdck, Kamis sore buat cakenya, Jum’at pagi setelah selesai ngerjain tugas rumah, mulailah mendekor bdck dan buat pudingnya. 

Jam 01.00 siang kurir datang, pesanan dua-duanya dah di package dengan aman. Jam 02.00 siang ada 2 sms masuk, satu dari pemesan bdck yang bilang kalo pesanan dah nyampe dan uda diterima. Yang kedua dari kurir bilang kalo alamat kedua yang pemesan pudding katanya kosong ngga ada penghuninya. 

Akhirnya kuminta nunggu bentar biar tak confirm dulu ke customerku. Dan jawabannya bagai petir disiang hari, “Lho mbak kan saya pesen buat surprise mama hari Sabtu, dan memang itu alamat rumah mama, dan mama sekarang ada dirumahku” katanya…..
Duennggg …waduh gimana ini, sayanya langsung panik, tapi kemudian dia ambil jalan tengah “Ngga papa deh mba, kalo gitu dititipkan ke tante tetangga depan rumah mama aja ya mbak”…..olalaaa.... bakulnya minta maaf berkali-kali, untung itu pudding yang bisa disimpen di kulkas, bagaimana kalo kue basah……Oh noooooo.......

Untung nya lagi customer saya tidak kecewa dan tetap ada repeat ordernya. Alhamdulillah ya Allah, terima kasih saya telah dipertemukan dengan teman-teman yang penuh inspirasi, pelanggan yang loyal dan sabar-sabar. Semoga rezeki ini barokah buat keluarga dan orang-orang disekitar saya. Amin

Hikmah dari sepenggal cerita saya adalah : 
  • Selalu keep in touch dengan semua orang, karena bisa jadi dari sinilah ilmu dan rizki mengalir
  • Jangan pernah berhenti berkarya karena adanya halang rintang apapun.
  • Jangan malas untuk mencatat dan mendokumentasikan apapun kegiatan kita sapa tau berguna buat portofolio kita
  • Dan diatas itu semua jangan lupa berdoa
 
Disini juga saya ingin berterima kasih kepada :
1.    Bu Fatmah Bahalwan atas kobaran semangatnya
2.    Yenni dan Yennis Cake nya karena telah berbagi ilmu dan pertemanan
3.    Mbak Shierly dan Dapur Solia nya atas bantuan dan contekan ilmunya
4.    Dan tentunya semua teman-teman milis yang semakin banyak dan oke-oke semua



Pengirim   : Anik Kurniawan
Website      : www.dapurmamasofi.blogspot.com

No comments: