Sunday 10 June 2012

Curhat Saya .....


Pesanan dadakan dari seseorang yang direkomendasikan oleh salah satu customer saya.
Delivery ke Cipete Raya di salah satu restoran di sana untuk client mereka.H-2 deal transaksi, H-1 uang muka dibayar 50% dan sisanya cash on delivery.

Pada saat deal di H-1 dengan Ibu A, beliau setuju bahwa figurinenya pakai plastic mainan. Dan temanya adalah pacuan kuda. Saya saat itu langsung menyampaikan alasan saya  yaitu waktunya yang mepet banget, figurine kuda pasti ngga akan bisa set karena itu adalah standing figurine dimana cuaca juga tidak terlalu mendukung, lagi cuaca hujan dan lembab. Beliau pun OK, dan setelah cake jadi sebelum dikirim saya foto dulu cake nya dan saya kirim ke ibu A via BBM. Sekali lagi beliau OK.

Hari H :
Saya sendiri yang mengantar kuenya dengan menggunakan taxi. Sampai di temat turun dari taxi, saya antar kuenya masuk ke dalam resto. Sesampai di dalam resto ada seorang bule, dan dia pun bertanya : “Is it my cake?” ….Saya jawab :” Iya”…..
Begitu dia buka tutup kotak kue…. dia geleng-geleng sambil angkat tangan ke atas dan tampangnya bete. Semenit kemudian dia balik lagi ke arah saya dan comment :
“This is plastic and my kids can make it. This cake is standard and very basic”
“Why you don't make it from plastic icing?” and bla bla bla....and so many bad words he was said...
Yang pasti beliau marah dan bentak-bentak saya…..dan kata-kata yang jelas di kuping saya :
“SAYA TIDAK SENANG...kue ini JELEKK !!!”

Saya bengong…….speechless………

Final words …. beliau tanya :”How much??” kemudian beliau ini order ke managernya : “Asking discount to her !! This is not worthed...I dont want to pay !!!”

Saya tertegun... diem... pasrah dan hampir nangis.. tapi ditahan….
Terus managernya tanya ke saya:” Gimana nih Bu?”
Saya bilang:” Ntar bapak bicara saja dengan Ibu A, saya pasrah aja lah Pak, terserah mau dibayar berapa, seikhlasnya aja Pak”

Saya pulang dengan hati gundah, sedih dan menangis di mobil taxi dalam perjalanan pulang.
Betapa kecewa hati saya mendapat perlakuan seperti itu, mengingat perjuangan saya mencari kudanya begitu sulit, dari yang ngubek-ubek pasar mainan di Pasar Gembrong.  Selama 2 jam lebih saya di sana, setiap toko yang saya tanya semua menjawab ngga ada stock mainan kuda .
Akhirnya sampai pada 1 toko grosir yang menjual mainan kuda seperti keinginan saya, tapi saya harus beli 1 bal isi 60 pcs. Ya sudahlah terpaksa beli 1 bal @ Rp 90,000/bal....(sambil saya bingung nanti tuh sisanya mau diapain??
Sempet kepikiran mau ke Asemka, tapi kejauhan karena masih harus bikin base cakenya. Eeeh …..pas mampir ke toko Ani, ternyata mereka jual mainan kuda per 1 pc @ Rp 9,800...OMG...lemes banget liatnya. Akhirnya malah yang dipasang yang beli di Toko Ani. Mainan kuda yang 1 bal, masih utuh nganggur di rumah.
Sepulang dari Toko Ani...ban kempes kena paku… terpaksa dorong …..jauuh banget …sementara kepala lagi pusing banget, migrain kumat dan lagi flu berat.

Siang ini ...oalaahh...tambah sesek dada ini …Akhirnya aku di BBM oleh Ibu A yang isinya kue saya didiscount sebesar Rp 250,000,-
OMG....margin yang saya ambil hanya Rp. 125,000 saja untuk kue ukuran 40 cm x 40 cm dengan cover fondant.  Ketika saya coba negosiasikan dan jelaskan situasinya, saya minta harga dipotong sebesar Rp 125,000.- saja. Beliau bilang kemahalan untuk harga segitu.  Alasannya kuenya terlalu manis dan pendek, tidak sepeti kue yang saya buat untuk saudaranya tempo hari.

Akhirnya saya bilang: “Yah seikhlasnya aja bu berapa yang pantas dibayar untuk kue saya. Mungkin rejeki saya memang cuma segitu. Semoga discount tersebut menjadi berkah buat saya dan keluarga.
Semoga Ibu A makin sukses usahanya dan terima kasih banyak sudah mau menolong saya seperti yang Ibu bilang terakhir di telephone”
(Ibu A waktu itu sempat bilang, niatnya mau bantu saya tapi kenapa kok ending nya begini yah. Deg duerrr... gimanaaa gitu saya dengernya...)

Jawaban BBM saya terakhir yang saya tulis di atas, ngga dibalas oleh Ibu A. Akhirnya saya telpone Ibu A tersebut, saya bicara baik-baik dengan beliau, meminta maaf atas ketidaksempurnaan kue saya. Minta maaf sudah bikin kecewa.
Ibu A berterima kasih karena saya mau telpon ke beliau dan tetap santun padanya. Beliau bilang next time dia akan tetap order lagi ke saya, tapi untuk kalangan sendiri saja, tidak untuk client restorannya.

Soo temans ..ini pelajaran pahit buat saya, setelah saya nangis kemaren, saya hanya bisa tersenyum.
Semoga setelah peristiwa ini saya benar-benar naik tingkat ujian iman dan bisnis kue saya juga makin meningkat.
Semoga usaha ini berkah buat keluarga saya dan bisa terwujud cita-cita saya untuk memilikki cake shop…..one day ….amiieenn.

Motto hidup saya : *Bukan berapa kali kamu gagal, tapi berapa kali kamu bangkit dan jadi pemenang*.....

Aminnn...


Pengirim   : Tira
Domisili    : Jakarta
Website   :
www.rayan-cakes.blogspot.com



1 comment:

winkthink said...

luar biasa..buat seseorang temperamen tinggi dan sulit mengalah saya tertegun baca cerita ini. Saya ikut doakan rejeki makin lancar ya bu...