Tuesday 11 June 2013

Pengalamannya Seru, Hadiahnya apalagi

Hello NCC tercinta,

Saya mau berbagi cerita sedikit ya. Hari ini saya senang sekali dan semakin percaya diri ketika hasil karya saya mendapat Juara 3 dalam acara "Cooking Competition" Kompas Women Fiesta 2013. Saya sangat bersyukur. Niat saya ikutan lomba adalah untuk menambah pengalaman. Gimana ya kalau ikut serta dalam cooking competition itu? Saya sangat penasaran. Memang saya paling suka menonton berbagai acara masak. Salah satu acara dari luar seperti "My Kitchen Rules" dimana dua orang peserta dalam satu group berlomba untuk menjadi juara, adalah favorit saya. Di setiap babak penyisihan mereka harus menyajikan 3 set menu, menu pembuka,  menu utama dan menu penutup. Dalam acara ini memang terlihat bagaimana stressnya menyelesaikan 3 set menu dalam waktu yang sudah ditentukan.

Nah waktu lomba 'Berkreasi dengan Krimer" dirilis, dalam hati saya langsung timbul niat untuk ikut perlombaan. Memang bukan karena hadiahnya loh, terus terang. Walau memang hadiahnya keren keren juga. Niat saya hanya satu yaitu doing my best. Dan mau menguji diri sendiri bisa kerja ga kalau waktunya ditentuin begitu dan lihat orang lain juga ramai-ramai berkreasi. Pasti seru!

Sewaktu si MC hitung tanda mulai, waduh jantung ini debar debar seperti waktu dulu debar ketemu pacar wkwkwkwkk...serius beneran loh. Kayaknya syukur juga ada tuh celemek merah yang cantik jadi bisa nutupin debaran jantung ini hahaha... Tapi panik benaran. Dari rumah saya sudah rencana akan membuat 2 jenis presentasi dengan dessert yang sama, tiba-tiba MC bersama Ibu Fatmah bilang waktunya hanya 30 menit. Dalam hati bertanya, bukannya 45 menit ya seperti disebut di milist sebelumnya? Waduh gimana dong? Tapi ya sudahlah aku lanjutkan saja. Terakhir memang Ibu Fatmah mengatakan kalau waktunya tidak cukup.  Syukurnya memang sebelum acara mulai saya sempet kenalan dengan si Mr. Black alias si oven. Karena rumah saya jauh dari tempat lomba dan takut telat, saya memang datang lebih awal, bahkan sebelum mall-nya dibuka hahaha. Nah waktu bertemu panitia, ternyata mereka sudah sibuk mempersiapkan peralatan lomba, mikser, blender, dan si oven. Begitu melihat oven, saya langsung tanya kepada panitia bagaimana cara pengoperasiannya. Intinya saya sudah memahami cara kerja ovennya. Dan ketika dessert saya masuk oven, saya set aja ke suhu 210'C  walau sebenernya untuk lemon tart itu suhu oven ada di 180' C. Dalam hati harus dipercepat saja. Tidak hanya suhu oven yang saya tingkatkan, tapi saya juga set oven pake api atas bawah, soalnya saya kan bikin lemon tart jadi sangat tertolong dengan adanya api atas juga. Cuman saya sangat yakin begitu disebut hanya 30 menit, ya sudahlah, yang lemon tart panjang tidak usah dipresentasikan. 

Jadi, begitu saya kelar bikin shortbreadnya langsung masukin ke loyang brownies dan loyang cupcake. Tancap gas bikin lemon tartnya. Begitu lemon tartnya kelar saya hanya punya waktu sangat sedikit. Yang bikin stress saat saya masih mencampur bahan lemon tart dengan whisker, si Mbak Besta yang pas di sebelah saya sudah mulai membersihkan mejanya dan menyiapkan set presentasinya. Wah...dan tidak lama sempat  melirik, dessertnya sudah jadi 4 biji. Oh ya ampun...makin kencang degup jantung ini. Tapi saya ingat untuk tetap tenang dan fokus. Saya sudah siapin semua garnish dari rumah. Lagi-lagi karena belum pernah ikutan lomba sejenis, semuanya saya bawa, bahkan termos berisi air panaspun saya bawa. Maksud hati ya untuk memotong lemon tart yang bentuk panjang. Untuk memotong lemon tart, supaya potongannya bagus, sebelum memotong, pisau potongnya harus dicelupkan dulu ke air panas. Nah, itulah sebabnya termos pun saya bawa sehingga bawaan saya sukses overweightnya dan sukses juga pegel-pegelnya. Saking banyaknya yang dibawa pas perlombaan saya sendiri sampe kesulitan cari ini itu. Sudah lupa taruhnya dimana karena panik dan dikejar waktu. Teman-teman, ini pelajaran berharga ya. Lain kali tidak usah membawa boks super size dan beberapa wadah tambahan yang bikin repot gitu. Cukup membawa koper saja seperti sarannya Mbak Heryanti Saleh. Tulang punggung saya pasti ga akan pegel gitu kalo bawa koper. Karena memang benar, bahkan 2 hari setelah lomba, pinggang, badan dan kaki saya masih pegel-pegel. Makasih ya Mbak Heryanti yang baik hati untuk sarannya. Lain kali kalau ada lomba harus bawa-bawa peralatan, saya pasti akan bawa koper saja hehe...

Masih terus menenangkan diri, saya bersihkan meja, lalu ambil piring saji, dan mulai dari yang printilan kecil-kecil. Saya ingin menyajikan presentasi yang bisa memperkuat penampilan dan tentunya menambah citarasa lemon tartnya. Akhirnya, Puji Tuhan sebelum waktu habis, saya bisa menyelesaikan semua dan senang sekali mendapat pujian seperti dari MC yang mengatakan presentasi saya cantik sekali juga beberapa pujian tentang rasa lemon tart yang cheesy, enak dan seru. Seneng sekali hati ini walau saat itu belum tahu siapa juaranya. Ternyata, saat Ibu Fatmah sendiri yang mengumumkan posisi ke-3, saya tak menyangka bisa menang. Saya sangat bersyukur. 

Semakin semangat untuk bangkit dan terus belajar meningkatkan diri. Saya berdoa kesuksesan seperti yang diraih para senior di NCC juga akan saya peroleh. Ibu Fatmah memang jadi inspirasi bangat buat saya.

Sejak HMFF NCC Februari 2013 kemaren baru ini bertemu  dalam event lagi ya. Dalam perlombaan ini saya juga sempat berkenalan dengan senior-senior di NCC.  Jadi semakin banyak tahu dan semakin dekat rasanya. Semangat NCC memang menyebar dan membuat suasana seru apalagi dengan kehadiran Ibu Fatmah dan Pak Wis ya. Saya salut dengan semangat NCC, salut dengan ketekunan Ibu Fatmah yang selalu mau memberi ilmunya. NCC memang TOP bangat! Saya bangga jadi member NCC.

Untuk Kompas Women Fiesta, sekali lagi terima kasih ya untuk semua hadiahnya. Buat para juri NCC juga terimakasih, buat Ibu Fatmah dan Pak Wis yang selalu setia menjadi pendorong untuk bangkit, terimakasih saya dan salut!!! Semoga di hari yang akan datang lewat event-event berkualitas, gema NCC semakin menggelora di antero persada.

Salam Desserts Enak,



Trinitati Saragih (Tati)
http://www.katdesserts.blogspot.com

No comments: